Selasa, 01 Januari 2013

TAHFID AL-QUR'AN



AYO MENGHAFAL AL-QUR'AN DAN DIDIK ANAK-ANAK DENGAN AL-QUR'AN
  
artikel :
FAIDAH MENGAHAFAL AL-QUR'AN

Menurut para Ulama, diantara beberapa faedah menghafal Al-Qur'an adalah :

a. Jika disertai dengan amal shaleh dan keikhlasan, maka ini merupakan kemenangan dan kebahagiaan didunia dan akhirat.
b. Orang yang menghafal Al-Qur'an akan mendapat anugrah dari Allah SWT berupa ingatan yang tajam dan   pemikiran yang cemerlang. Karena itu, para penghafal Al-Qur'an akan lebih cepat mengerti, teliti, dan hati-hati karena banyak latihan untuk mencocokan ayat serta membandingkannya dengan ayat yang lain.
c. Menghafal Al-Qur'an merupakan bahtera ilmu, karena akan mendorong seseorang yang menghafal Al-Qur'an untuk berprestasi lebih tinggi daripada teman-temannya yang tidak menghafal Al-Qur'an, sekalipun umur, kecerdasan, dan ilmu mereka berdekatan.
d. Penghafal Al-Qur'an memiliki identitas yang baik, akhlak, dan prilaku yang baik.
e. Penghafal Al-Qur'an mempunyai kemampuan mengeluarkan fonetik Arab dari landasannya secara Thobi'i ( alami), sehingga bisa fasih berbicara dan ucapannya benar.
f. Jika penghafal AL-Qur'an mampu menguasai arti kalimat-kalimat didalam Al-Qur'an, Berarti ia telah   banyak menguasai arti kosa kata bahasa Arab, seakan-akan ia telah menghafalkan sebuah kamus bahasa Arab.
g. Dalam Al-Qur'an banyak sekali kata-kata bijak (hikmah) yang sangat bermanfaat dalam kehidupan. Dengan menghafal Al-Qur'an, seseorang akan banyak menghafalkan kata-kata tersebut.
h. Bahasa dan uslub ( sususan kalimat) Al-Qur'an sangatlah memikat dan mengandung sastra Arab yang tinggi. Seorang penghafal AL-Qur'an yang mampu menyerap wahana sastranya, akan mendapatkan dzauq adabi  (rasa sastra) yang tinggi. Hal ini bisa bermanfaat dalam meni'mati sastra Al-Qur'an yang akan menggugah jiwa, sesuatu yang tak mampu dini'mati oleh orang lain.
i. Dalam Al-Qur'an banyak sekali contoh-contoh yang berkenaan dengan ilmu Nahwu dan Shorof. Seorang penghafal Al-Qur'an akan dengan cepat menghadirkan dalil-dalil dari ayat Al-Qur'an untuk suatu qaidah dalam ilmu Nahwu dan Shorof.
j. Dalam Al-Qur'an banyak sekali ayat-ayat hukum. Seorang penghafal Al-Qur'an akan dengan cepat pula menghadirkan ayat-ayat hukum yang ia perlukan dalam menjawab suatu persoalaan hukum.
k. Seorang penghafal Al-Qur'an setiap waktu akan selalu memutar otaknya agar hafalan Al-Qur'annya tidak lupa. Ia akan terbiasa menyimpan memory dalam ingatannya.

sumber : 9 CARA CEPAT MENGHAFAL AL-QUR'AN , H.Sa'dulloh, S.Q

Tidak ada komentar:

Posting Komentar